DANLANUD SIM: PRAJURIT TNI TIDAK BERPOLITIK PRAKTIS


DANLANUD SIM: PRAJURIT TNI TIDAK BERPOLITIK PRAKTIS

"Prajurit TNI tidak berpolitik praktis dan tidak melibatkan diri bahkan mendukung dalam bentuk apapun terhadap salah satu partai politik," kata Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., dalam sambutannya yg dibacakan Kadisops Lanud SIM Letkol Pas Catur Yanuar saat acara Ceramah Netralitas TNI di Crew Room Lanud SIM, beberapa waktu lalu. 

Kegiatan yang diikuti seluruh personel Lanud SIM, Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh ini, menurutnya sebagai wadah untuk berinteraksi dan saling sharing informasi perihal netralitas TNI dalam rangka reformasi internal TNI yang termuat pada pasal 5 ayat (2) Tap MPR/VII/2000 tentang peran TNI & Polri serta pasal 39 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dikatakan bahwa arti netral adalah tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak, sehingga netralitas TNI adalah TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri kepada politik praktis  bentuk apapun. 

Melalui ceramah ini, lanjutnya, seluruh personel Lanud Sultan Iskandar Muda dapat memperoleh berbagai ilmu dan wawasan mengenai bagaimana sikap, tindakan apa yang boleh diperbuat maupun tidak selama pesta demokrasi berlangsung serta masukan yang sangat berharga bagi pelaksanaan tugas kita sebagai anggota TNI. "Tidak perlu ragu untuk bertanya agar kita tidak salah melangkah serta memperoleh arahan dan gambaran yang lebih jelas untuk bersikap netral," katanya seraya menekankan kepada personel mempunyai bekal pengetahuan mental yang siap dalam melaksanakan tugas sesuai dengan harapan  TNI Angkatan Udara’. 

Selaku penceramah, Kadispers Letkol Adm Elvan Zunaidi menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh prajurit TNI yang berdasarkan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S. IP., agar seluruh prajurit TNI khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda senantiasa memperhatikan perintah pimpinan. 

Tahun 2019 ini, katanya, akan dihadapkan tahun politik yaitu pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), yang akan dilaksanakan serentak 17 April mendatang dan dalam pelaksanaannya prajurit TNI harus selalu berpegang teguh serta menjunjung tinggi pada komitmen netralitas TNI.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151