KORPS MARINIR GELAR LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM


KORPS MARINIR GELAR LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya. Selasa (19/03/2019).

Dalam amanat Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), yang dibacakan oleh Komandan Pasmar 2 menyampaikan, bahwa Indonesia yang merupakan negara yang letak geografisnya berada di antara pertemuan tiga lempeng tektonik dan menjadi wilayah rangkaian jalur lingkar cincin api pasifik serta memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang sangat tinggi, maka dengan kondisi tersebut, seluruh wilayah Negara Indonesia sangat berpotensi terjadinya musibah bencana alam, yang dapat membawa dampak terhadap kerusakan lingkungan dan masalah kemanusiaan, yang membutuhkan penanganan cepat, konprehensif, intensif dan adanya keterpaduan seluruh stake holder yang terkait.

TNI Angkatan Laut dalam hal ini Korps Marinir, yang merupakan bagian integral dari TNI memiliki tugas dan perannya dalam melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP) yang salah satunya yaitu “Operasi membantu penanggulangan bencana alam”. Sebagai upaya untuk mengantisipasi penganggulangan bencana alam secara cepat di seluruh wilayah NKRI termasuk dalam melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan dan SAR. Oleh karena itu, perlu adanya kesiapan dan peningkatan kemampuan bagi satuan pelaksana yang ada di jajaran Korps Marinir guna mampu melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Dengan diselenggarakannya latihan ini, diharapkan akan mampu menjawab tantangan tugas tersebut melalui meningkatkan kemampuan serta ketrampilan bagi para prajurit Korps Marinir khususnya serta memberikan kesiapsiagaan operasional guna dapat menghadapi kontijensi bencana alam yang terjadi serta upaya-upaya dalam penanggulangannya.

Manfaatkan kesempatan latihan ini dengan sebaik-baiknya sekaligus untuk me-refresh kembali kemampuan baik secara teknis maupun taktis serta membangun pola kerjasama secara strategis dengan seluruh stake holder yang terkait dalam penanggulangan bencana alam sehingga efektif dan efesien. (dispenkormar@2019/litbangMPNI).

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151