MARINIR GELAR LATIHAN SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM


MARINIR GELAR LATIHAN SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Prajurit Petarung Korps Marinir melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (PBA) alam di kawasan pantai Tanjung Pasir, Ds. Tanjung pasir , Teluk Naga, Tangerang, Banten, Sabtu (16/03/19)

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Tugas Latihan (Dansatgaslat) Mayor Marinir Anang Agus Wahyudi, S.H., M.Tr Opsla, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Zeni-1 Marinir ini merupakan bagian dari bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit Marinir dalam membantu penanggulangan bencana alam seperti tsunami, gempa bumi dan sebagainya.

Dalam simulasi latihan, diskenariokan telah terjadi bencana alam yang mengakibatkan banyak korban. Sesuai dengan prosedur pengerahan bantuan,  prajurit Korps Marinir segera bergerak cepat untuk menyelamatan para korban ke titik-titik pengungsian yang aman dan untuk selanjutmya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Kegiatan PBA ini diikuti oleh 445 Prajurit Korps Marinir Pasmar 1 Jakarta yang melibatkan prajurit dari Resimen Bantuan Tempur 1 Korps Marinir, Brigade Infanteri 1 Marinir, dan Batalyon Taifib 1 Marinir.

Materi yang dilatihkan adalah penanganan bencana alam tsunami, yaitu aplikasi SAR dan evakuasi korban tsunami di laut, aplikasi SAR dan evakuasi korban di bawah permukaan air, aplikasi penanganan medis terhadap korban bencana tsunami, aplikasi pendirian instalasi komunikasi darurat, aplikasi evakuasi terhadap pengungsi ke tempat yang lebih aman, aplikasi pendukung dapur lapangan bagi para pengungsi   
korban bencana tsunami, aplikasi tindakan prefentif/fogging dalam menanggulangi wabah penyakit yang ditimbulkan pasca bencana tsunami, aplikasi rekonstruksi sarana dan prasarana pasca bencana tsunami, serta aplikasi dan studi kasus bencana tsunami.  (dispenkormar@2019/litbangMPNI).

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151