Minuteman III Vs SS-18 Satan, Membandingkan Dua Penghancur Kehidupan


Minuteman III Vs SS-18 Satan, Membandingkan Dua Penghancur Kehidupan

SS-18 Satan adalah rudal yang sangat mumpuni terutama karena kecepatannya yang tinggi dan bobot lempar yang sangat tinggi. Rusia masih di depan Barat dalam pengembangan mesin rudal bahkan oleh Amerika.

Rudal R-36M2 memiliki jangkauan 11.000 km dan membawa hingga 10 MIRV dengan hasil ledakan 0,75-1 MT dan hingga 40 alat bantu penetrasi. Jadi hulu ledak nuklirnya sulit dicegat oleh sistem pertahanan udara.Kekuatan inilah yang tidak ada tandingannya saat ini.

CEP rudal ini adalah 220 m. Meski bukan rudal yang paling akurat, Beberapa sumber melaporkan bahwa satu rudal SS-18 Satan dengan MIRV dapat menghancurkan 3 negara bagian Amerika, seperti Maryland, Vermont dan Rhode Island.

Satan adalah rudal berbasis silo yang lokasinya tersebar di seluruh Rusia. Peluncur silo dan titik komando berada di bangunan yang sangat kuat dan mampu melawan ledakan nuklir. Namun posisi rudal ini sudah atau bisa dengan cepat diketahui menjadikan rudal ini berada di peringkat kedua dalam daftar ini.

Minuteman III telah menjadi satu-satunya ICBM berbasis darat Amerika yang saat ini dalam operasional dan merupakan kekuatan sangat penting dalam trinitas nuklir Amerika.

Ada 450 rudal jenis ini di dinas Amerika dengan 50 sampai 75 rudal lain berada dalam cadangan. Jumlah ini menjadikannya sebagai rudal balistik dengan jumlah terbesar di dunia. Rudal ini ada di bawah Komando Strike Global Angkatan Udara Amerika Serikat. Kelemahannya adalah rudal ini tidak bergerak dan posisinya telah diketahui.

Rudal Minuteman III memiliki jarak tempuh maksimal 13.000 km. Sistem navigasi inersia menyediakannya akurasi sekitar 200 m CEP, namun sistem panduan inersia yang diperbarui memberikannya CEP 120 m.

Minuteman III membawa muatan MIRV dengan masing-masing dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir dengan kekuatan destruktif antara 300 sampai 500 kT. Rudal ini juga membawa alat bantu penetrasi untuk melawan sistem pertahanan rudal musuh.

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151