SATGAS YONMEK TNI KONGA XXIII-M DINYATAKAN SIAP OPERASI


SATGAS YONMEK TNI KONGA XXIII-M DINYATAKAN SIAP OPERASI

Untuk memastikan kesiapan operasi dan peralatan utama seluruh kontingen yang tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian di Lebanon sudah sesuai dengan standar operasi yang ditentukan UN (United Nation)/PBB maka setiap triwulan PBB dibawah bendera UNIFIL (United Nation Interm Force In Lebanon) melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan kesiapan operasi dan perlatan utama yang dimiliki oleh setiap kontingen. 
Termasuk didalamnya kontingen Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL (United Nation Intern Force In Lebanon) yang sedang melaksanakan misi perdamaian di Lebanon, Senin 13 Mei 2019 menerima Tim  Contingent Owned Equipment (COE)/Operational Readiness Inspection (ORI)  UNIFIL yang akan melaksanakan pemeriksaan terhadap kesiapan operasi dan perlengkapan utama yang dimiliki Satgas.

 Pemeriksaan yang berlangsung selama 2 hari (13-14 Mei 2019) oleh Tim COE/ORI UNIFIL dipimpin oleh Mrs. Veronica bersama 12 orang stafnya, diawali dengan melaksanakan pemeriksaan terhadap kompi-kompi luar Satgas, dimulai dari kompi Bravo yang berada di UNP 7-3, kemudian ke Kompi Alfa di UNP 9-63 dan dilanjutkan ke UNP 9-15 sebagai pos akhir pemeriksaan hari pertama.

Memasuki hari kedua pemeriksaan, Tim COE/ORI melaksanakan inspeksi ke Markas Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL yang berada di UNP 7-1 Adchit Al Qqusayr dan dilanjutkan ke kompi Carlie  yang berada di UNP 9-2.

Dalam pengecekan kesiapan operasi dan peralatan utama ini dibagi kedalam dua bagian yaitu Major Equipment dan Self Sustainment. Untuk Major Equipment meliputi kendaraan tempur, kendaraan ringan, kendaraan pendukung operasional, alat berat zeni, alat observasi, container, senjata dan munisi, generator, alat kesehatan, serta peralatan anti huru-hara. Khusus untuk kendaraan Tim  melaksanaan pemeriksaan satu persatu setiap kendaraan yang ada, mulai dari kelengkapan kendaraan, system persenjataan sampai dengan system pengereman untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu pemeriksaan Self Sustainment meliputi pelayanan catering, perlengkapan kantor, alat komunikasi, listrik, fasilitas hiburan,  pemeliharaan bangunan, laundry, dan kelengkapan serta kebersihan lingkungan, yang tentunya sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan seluruh peacekeeper dalam melaksanakan tugasnya. 

Selama kegiatan pemeriksaan Tim COE/ORI selalu didampingi oleh seluruh perwira staf sesuai dengan bidangnya masing-masing dan para Komandan Kompi yang seluruhnya dikoordinir oleh Wadan Satgas Indobatt Mayor Inf Abdul Samad dan Kasilog Mayor Tek Edy Nurdiansyah selaku penanggung jawab seluruh materil,  sehingga seluruh kegiatan inspeksi dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai rencana.  Walaupun belum diumumkan secara resmi namun secara garis besar Ketua Tim UNIFIL Mrs. Veronica puas dengan hasil kerja sama yang dilaksanakan selama pelaksanaan inspeksi.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Satgas yang sudah menunjukan kerja sama yang baik selama pelaksanaan inspeksi sehingga dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tetap jalin komunikasi sehingga kita dapat segera mengantisipasi setiap kekurangan yang mungkin terjadi” tutur ketua tim yang berkebangsaan Perancis. 

Disisi lain, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya menyampaikan apresiasinya terhadap Tim COE/ORI yang  secara kooperatif dalam melaksanakan inspeksi disatuannya. “Kami akan terus berusaha berbuat yang terbaik sesuai standar operasi yang ditentukan oleh UN” tegasnya. 
Serta menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh prajurit, “Terima kasih kepada seluruh personel Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL yang telah bekerjasama dan selalu disiplin serta bertanggung jawab dalam menggunakan seluruh alat-peralatan dan fasilitas yang menjadi tanggungjawab perorangan maupun kelompok, sehingga seluruh perlengkapan yang ada selalu dalam kondisi yang siap pakai sesuai dengan standar UN,” tuturnya.(litbangMPNI)

Sumber : Papen Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151