Menhan Ryamizard Puji Misil Jarak Jauh India


Menhan Ryamizard Puji Misil Jarak Jauh India

Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan India, Nirmala Sitharaman saat melakukan kunjungan balasan ke Indonesia, yang salah satunya membahas kerja sama industri pertahanan.

Dalam pertemuan tersebut, Ryamizard juga mengapresiasi keunggulan teknologi yang dimiliki oleh India yaitu misil jarak jauh. Hal ini sejalan dengan Indonesia yang saat ini sedang membangun tujuh program unggulan nasional dalam industri pertahanan. Salah satu di antaranya adalah penguasaan teknologi misil.


Sementara itu, Menhan India Nirmala Shitaraman menuturkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia sangat menyenangkan, karenanya banyak yang sudah disepakati. Untuk bidang penanggulangan bencana, India akan memberikan bantuan lagi jika Indonesia memintanya.

Saat ini India dan Indonesia telah memiliki tiga forum bilateral di bidang keamanan dalam berbagai tingkatan. Sementara itu, kerja sama pertahanan antara India dan Indonesia telah memiliki payung hukum berupa “Defence Cooperation Agreement” yang ditandatangani pada Januari 2001 lalu.

Dalam perjalanannya DCA telah direvisi bersama dan telah ditandatangani kedua belah pihak secara sirkular pada bulan Mei 2018. Dokumen tersebut secara seremonial telah diserahterimakan bersamaan dengan kunjungan PM Narendra Modi ke Indonesia pada bulan Mei 2018.

Indonesia dan India telah memiliki tiga forum bilateral di bidang pertahananan dan keamanan. Ketiganya adalah “Biennial Meeting” pada level Menhan, “Joint Defence Cooperation Committee” (JDCC) pada level Sekjen dan “Indonesia-India Security Dialogue” (IISD) pada level Menko Polhukam.(Adi G/litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151