Babinsa Barabai Darat Dukung Kampung (Desa) Bukat Bebas Dari BABS.


Babinsa Barabai Darat Dukung Kampung (Desa) Bukat Bebas Dari BABS.

MPNI - Barabai Kalsel. Dalam rangka menciptakan kampung (desa) bebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Babinsa Barabai dan Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Tengah melaksanakan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di desa Bukat RT. 001 RW. 001 Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Kamis (29/8).


Seperti disampaikan oleh Fitri Wahyudi,S.Tr.,Kl fasilitator STBM Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah bahwa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah suatu strategi/program intervensi yang menitik beratkan pada pencapaian kondisi sanitasi total di masyarakat melalui perubahan prilaku higienis dengan melibatkan atau memberdayakan seluruh komponen di dalam masyarakat,"katanya.

Sedangkan tujuan dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini bertujuan untuk mencapai kondisi total melalui pemberdayaan masyarakat agar terjadi perubahan prilaku higienis dan, sanitasi pada masyarakat.

Lebih lanjut Fitri menyampaikan bahwa ada tiga komponen STBM yang menjadi landasan strategis yaitu Penciptaan Lingkungan yang Kondusif, Peningkatan Kebutuhan dan Permintaan Sanitasi dan Peningkatan Penyediaan Sanitasi.

Sedangkan penyelenggara Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini sesuai dengan Undang-Undang No 32 tentang Pemerintah Daerah, Penyelenggaraan sanitasi bagi masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (provinsi, kabupaten/kota), "jelasnya.

Sementara itu Babinsa Barabai Darat Serda Slamet Buadi menyampaikan selama ini kami dari TNI sudah melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, yaitu dengan program Jambanisasi yang sudah kami lakukan, dengan adanya program STBM ini diharapkan warga masyarakat tidak lagi BAB sembarangan atau BAB di sungai, sehingga kampung (desa) menjadi bersih bebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan),"pungkasnya.(pendim1002).

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151