Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah Kodim Klaten - Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah


Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah Kodim Klaten - Kepuasan Babinsa Bisa Dampingi Petani Di Sawah

MPNI - Babinsa Koramil 20 Cawas Serma Saroni bantu Wagino salah satu petani yang merupakan anggota kelompok tani Tirto Kuncoro Dukuh Jetis Desa Tirtomarto Kecamatan Cawas  membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di sawahnya seluas 1700 m². Selasa ( 27/8/2019)

“Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” jelas Serma Saroni.

Serma Saroni menambahkan, gulma dapat menurunkan hasil panen, karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.


"Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal dan terwujudnya Ketahanan pangan. Usai bantu, Serma Saroni duduk bersama Wagino untuk saling tularkan ilmu pertanian dan beri semangat kepada petani agar hasil panennya meningkat. (Kodim Klaten IT)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151