PMPP TNI GELAR LATIHAN BERSAMA INDONESIA - AUSTRALIA DAN KURSUS INTERNASIONAL


PMPP TNI GELAR LATIHAN BERSAMA INDONESIA - AUSTRALIA DAN KURSUS INTERNASIONAL 


MPNI - Humas PMPP TNI – Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang M.Bus diwakili oleh Direktur Pembinaan Kerjasama Internasional dan Informasi (Dirbinkersinfo) PMPP TNI, Kolonel Adm Victor R.C. J George, S.IP., MPACS., MMA secara resmi membuka latihan bilateral Indonesia – Australia dengan sandi “Garuda-Kookaburra” dan Kursus Internasional Peace Support Operation Course (PSOC) tahun 2019 bertempat di Auditorium PMPP TNI, Sentul Bogor (26/08).

 Dalam amanat yang dibacakan oleh Dirbinkersinfo, Komandan PMPP TNI menyatakan bahwa misi perdamaian menghadapi berbagai tantangan dalam memberikan perlindungan dan kontribusi dalam jangka Panjang serta mencapai koherensi dengan berbagai aktor yang terlibat dalam konteks yang sama. 

Guna merespon berbagai tantangan tersebut, Sekjen PBB, Antonio Guterres, pada Maret tahun 2018, menginisiasi kegiatan tingkat tinggi negara-negara anggota PBB guna meraih komitmen bersama metode baru yang dinamakan “Action For Peacekeeping” (A4P).

“PMPP TNI berkolaborasi dengan para stakeholder, baik nasional maupun Internasional, guna bersama-sama memenuhi komitmen yang mendukung inisiasi A4P dan merespon tantangan yang tertuang dalam laporan Letjen Santos Cruz (Force Commander of MONUSCO 2013-2015)” ungkap Brigjen Victor.

Garuda Kooburra merupakan latihan bersama dalam bidang Peacekeeping Operations, yang diinisiasi oleh Indonesia dan Australia yang bertujuan menyiapkan peserta sebagai Military Observer yang siap ditugaskan pada misi perdamaian PBB. Latihan bersama ini melibatkan 16 perwira TNI yang sedang melaksanakan stand by force dan ex-peacekeepers. Dari pihak Australia mengirimkan 12 peserta dan 5 perwira sebagai Directing Staff yang berkolaborasi dengan para instruktur dari PMPP TNI dalam menyelenggarakan latihan bersama tersebut.

Sedangkan kursus Internasional PSOC merupakan kerjasama antara PMPP TNI dan Directorate Military Training and Cooperation (DMTC) Kanada. Latihan PSOC diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai negara kawasan Asia (Nepal, Bangladesh, Mongolia, Pakistan, Thailand, Filipina dan Afganistan) serta 15 orang Perwira menengah dari 3 angkatan TNI. Sedangkan tujuan diselenggarakan kursus ini adalah menambah serta memperluas pengetahuan, skill dan kemampuan peserta pada level operasional dan strategis guna menghadapi tantangan yang kompleks dan terus berkembang dalam mendukung operasi misi perdamaian.

Turut hadir dalam kegiatan acara pembukaan Latihan Garuda Kookaburra dan Kursus PSOC yaitu Atase pertahanan Kanada untuk Indonesia Kolonel Andrew Cleveland, Atase Pertahanan Udara Australia Grup Captain Cal Harrison, Perwakilan Mabes TNI, Mabes Angkatan, Kemhan dan Kemenpar serta jajaran instruktur PSOC, Garuda Kookaburra dan PMPP TNI./litbangMPNI

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151