BANTU TINGKATKAN PENGHASILAN WARGA, BABINSA WARBAH BAGIKAN ILMU KEPADA PETANI

BANTU TINGKATKAN PENGHASILAN WARGA, BABINSA WARBAH BAGIKAN ILMU KEPADA PETANI 

MPNI - Yapen, Guna membantu meningkatkan pendapatan masyarakat di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Kopda Zainal Saparang terjun langsung di lahan perkebunan milik Dolfinus Simunapendi, warga Kampung SP 6 Sawara Jaya, Kabupaten Waropen, untuk membantu melakukan perawatan tanaman dan juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara meningkatkan hasil kebun, Selasa (15/10/2019).

Dengan berbekal pengetahuan yang dimilikinya tentang cara pemeliharaan tanaman, Babinsa Warbah ini membagikan ilmunya kepada petani, agar apa yang sudah ditanam di lahan perkebunannya ini, mampu menjadi sumber penghasilan dan juga dapat meningkatkan pendapatan dari hasil kebun ini.

Sembari membantu melakukan perawatan tanaman, Kopda Zainal menyampaikan bahwa ada beberapa poin penting yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur dan juga dapat bernilai ekonomis. Yaitu, harus rajin melakukan penyiangan untuk membasmi gulma yang mengganggu tanaman, melakukan penyiraman rutin, memangkas bagian tanaman yang tidak produktif dan juga lakukan pemberian nutrisi yang bisa dilakukan dengan pemberian pupuk kompos, pupuk kandang maupun pupuk NPK.

“Jika poin-poin tersebut dikerjakan dengan baik dan benar, niscaya hasil dari tanaman sayur mayur di kebun ini akan mampu meningkatkan penghasilan. Karena saat ini, sayur mayur masih sangat laris dipasaran dan masih menjadi pilihan utama dari para pembeli,” pungkas Zainal.

Dirinya juga menambahkan, akan sangat disayangkan jika lahan perkebunan yang sudah ditanami sayur mayur ini tidak dimanfaatkan secara optimal. 

Selaku pemilik lahan, Dolfinus menyampaikan terima kasih atas arahan yang diberikan oleh Babinsa. “Masukan dari Babinsa Warbah ini sangat baik, awalnya kami hanya sekedar menanam untuk mengisi lahan kebun ini. Namun, berkat apa yang disampaikan tentang merawat tanaman sehingga memiliki nilai jual yang tinggi, maka akan sangat bermanfaat untuk menerapkan ilmu dari Babinsa ini,” ujarnya.(litbangMPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151