Anggota Koramil Pengasih Laksanakan Gladi Lapang Simulasi Sekolah Tanggap Darurat Bencana

Anggota Koramil Pengasih Laksanakan Gladi Lapang Simulasi Sekolah Tanggap Darurat Bencana

MPNI - Kulon Progo.  Rabu (20/11/2019), anggota Koramil 11/Pengasih, Kodim 0731/Kulon Progo, menghadiri acara Launching Sekolah Pendidikan Aman Bencana dan Gladi Lapang Simulasi Sekolah Tanggap Darurat Bencana, yang digelar di SMK Negeri 1 Pengasih.

Launching dihadiri oleh Kabag Kesra, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kulon Progo, Kapten Kav Isngafuan, Danramil 11/Pengasih beserta anggota, Kasat Sabhara Polres Kulon Progo, Kasubsi Produksi Pidana Khusus Kulon Progo, Direktur RS Nyi Ageng Serang, Pejabat OPD Kulon Progo, Forkopimca Kecamatan Pengasih, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pengasih, Direktur Bank Pasar Wates dan Petugas PMI Kulon Progo.

Rangkaian acara diawali dengan pelaksanaan simulasi bencana alam yang diikuti oleh Kasi Trantib Kecamatan Pengasih, anggota Koramil dan Polsek Pengasih, TRC BPBD, Kepala Sekolah dan Guru SMK Negeri 1 Pengasih, Petugas Puskesmas 1 Pengasih, Petugas PMI Kulon Progo, Kru ADTV Jogja, PMR dari Siswa/Siswi SMK Negeri 1 Pengasih dan Perwakilan Siswa/Siswi SMK Panjatan, SMK Girimulyo, MAN 3 Nanggulan serta SMA Negeri 1 Galur.

Simulasi ini bertujuan agar Keluarga Besar SMK Negeri 1 Pengasih, paham cara penanggulangan bencana. Simulasi dimulai dengan dibunyikan sirine tanda bencana, ratusan siswa/siswi dan guru berhamburan lari keluar kelas menuju halaman sekolah, evakuasi penyelamatan dilakukan bagi korban yang ada diruang kelas, dilanjutkan pemberian pertolongan pertama korban bencana dan proses evakuasi ke Rumah Sakit dan tempat pengungsian.

Dalam menghadapi bencana, diharapkan Guru dan Siswa agar tetap tenang dan jangan panik, agar mempermudah dalam evakuasi, demikian pesan Sunardi TRC BPBD.  (Pendim 0731/KP/litbangMPNI).

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151