Koramil Tempurejo Bersama Polsek dan BPBD Patroli Kawasan Rawan Karhutla

Koramil Tempurejo Bersama Polsek dan BPBD Patroli Kawasan Rawan Karhutla

MPNI - JEMBER – Musim kemarau panjang yang berdampak pada maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), diwilayah yang memiliki kawasan hutan dan lahan perkebunan meningkatkan kewaspadaannya, seperti di wilayah Kecamatan Tempurejo Kab Jember.
Kegiatan kewaspadaan yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan langkah terpadu patroli bersama,sambil madamkan beberapa titik api kecil di kawasan hutan lindung Meru Betiri, kegiatan tersebut dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Sugiono, bersama Polsek Tempurejo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Jember 7 orang dipimpin oleh Sukirno, lengkap dengan peralatannya.

Komandan Koramil 0824/09 Tempurejo Kapten Inf Didik Purwo Budianto saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsa Wonoasri Sertu Sugiono tersebut, bersinergi bersama Polsek dan BPBD Jember melakukan patroli hutan lindung Meru Betiri yang memang sudah terdapat beberapa titik api, namun masih kecil sehingga segera dilakukan langkah-langkah pemadaman tersebut.

Bahkan tidak hanya itu saja, tadi saya juga memerintahkan kepada Babinsa, disamping langkah pemadaman titik api juga harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan hutan untuk membantu pelestarian hutan, dan apabila ada kebakaran agar segera dipadamkan dan melaporkan kepada Babinsa serta aparat terkait lainnya, sehingga dapat segera diambil langkah-langkah secara cepat dan tepat. Tegas Kapten Inf Didik Purwo Budianto.

Terkait kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai diruang kerjanya mengungkapkan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi langkah terpadu yang telah dilaksanakan dalam mencegah terjadinya Karhutla tersebut.

Penanganan kendala seperti Karhutla ini memang harus ada keterpaduan dari semua pihak serta peran besar masyarakat, untuk bersama-sama berkomitmen untuk mencegahnya,  untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah melakukan upaya-upaya seperti tersebut diatas. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151