SINERGITAS TNI-POLRI DALAM PENGAMANAN DEMO DAMAI DI YAPEN


*SINERGITAS TNI-POLRI DALAM PENGAMANAN DEMO DAMAI DI YAPEN*

Yapen, Berlokasi di Pintu Gerbang Kantor PT. Pertamina (Persero) Serui Kampung Barawaikap Distrik Anotaurei Kab. Kep. Yapen, Kodim 1709/Yawa dan Polres Kep. Yapen menyiagakan personelnya untuk mengawal jalannya aksi demo yang dilakukan oleh sekumpulan massa berjumlah 100 orang, yang dipimpin oleh Adolof Tanawani dengan tuntutan hak wilayah adat dengan luas wilayah sebesar 21.750 yang telah digunakan oleh PT. Pertamina, Kamis (13/02/2020).

Adolof Tanawani selaku penanggung jawab jalannya aksi ini mengatakan, Kami datang kemari untuk menyelesaikan hak wilayah adat kami, karena sejak Tahun 1979-2020 PT. Pertamina telah melakukan kegiatan pengoperasian bahan bakar, namun penyelesaian mengenai hak tanah kami belum terselesaikan, pungkasnya.

Kami sangat berterima kasih sekali, karena kita semua pemangku kepentingan yang hadir pada saat ini dapat bersama-sama membahas permasalahan hak ulayat adat yang digunakan oleh PT.Pertamina (Persero) Serui, lanjutnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Letkol Inf Leon, S.H Dandim 1709/Yawa, AKBP Kariawan Barus Kapolres Yapen, Kompol Martha Tolaohu Wakapolres Yapen, Yohanis Raubaba Ketua DPRD Sementara Kab.Kepulauan Yapen, Gokman Simbolon Asisten II Sekda Kab. Kep. Yapen, Para pimpinan MRP Provinsi Papua, Akhmadul Direktur PT.Pertamina Serui dan Para pimpinan SKPD Kab. Kep. Yapen.

Kepada peserta demo, Kapolres Yapen mengungkapkan “Terima kasih atas penyampaian aspirasi bapak/ibu sekalian yang telah melaksanakan demo damai pada hari ini, sampaikanlah aspirasi kalian tanpa harus masuk kedalam wilayah PT. Pertamina (Persero) karena akan membahayakan diri kalian sendiri dan dapat mengganggu aktivitas pelayanan BBM bagi masyarakat banyak, ungkap AKBP Kariawan Barus.

Dandim 1709/Yawa menambahkan, “Kami selaku aparat keamanan akan selalu mengawal aksi ini dan kami juga akan membantu untuk berkoordinasi kepada pihak Pertamina agar kita semua dapat kumpul bersama untuk bermusyawarah demi mencari jalan keluar yang terbaik bagi permasalahan ini, karena seberat apapun permasalahan yang kita hadapi pastinya akan mendapat jalan keluar yang terbaik bagi kedua belah pihak, apabila hal tersebut kita musyawarahkan dengan hati yang dingin dan penuh kedamaian”, tambah Letkol Inf Leon, S.H kepada massa yang hadir.

Setelah mendapat pengawalan oleh aparat keamanan, dalam hal ini Kodim 1709/Yawa dan Polres Kep. Yapen, jalannya aksi demo dapat berjalan dengan damai dan lancar tanpa adanya tindakan anarkis, dan diakhiri dengan bubarnya para massa dari lokasi PT. Pertamina Serui.(PIMPRED MPNI)

Sumber Kodim 1709/Yawa Korem 173/PVB. 

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151