BERSAMA ANGGOTA DPR-RI DAN KAJARI SERUI, KODIM 1709/YAWA TAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT YAPEN TIMUR


*BERSAMA ANGGOTA DPR-RI DAN KAJARI SERUI, KODIM 1709/YAWA TAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT YAPEN TIMUR*

www.mediapadjajaran.com - Yapen, Untuk menyikapi adanya temuan dan aksi protes masyarakat Yapen Timur terhadap Limbah Cair yang dibuang ke Laut oleh  PT. SWPI, Kodim 1709/Yawa bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Serui dan turut menghadirkan salah seorang Anggota DPD-RI yang saat itu melakukan kunjungan kerja di Kab. Kep. Yapen untuk melakukan Tatap Muka dan mendengarkan Aspirasi dari Para Tokoh Masyarakat Yapen Timur yang dilakukan di Ruang Rapat Makodim 1709/Yawa Kab. Kep. Yapen, Kamis (11/03/2020).

Dalam pembukaan acara ini Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H menyebutkan, tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk mencari jalan terbaik agar tidak terjadi tindakan-tindakan anarkis yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat terhadap PT. SWPI.

“Apabila perusahaan tersebut sudah benar-benar terbukti melakukan pembuangan limbah yang dapat merusak Ekosistem Laut, mari kita kawal prosesnya sesuai Hukum dan Perundang-undangan yang berlaku, karena itu pula kami turut menghadirkan pihak Kejaksaan Negeri Serui dalam hal ini Bapak Marcelo Bella selaku Kajari Serui beserta para stafnya dan juga Bapak Yorrys TH Raweyai Anggota DPD-RI turut hadir ditempat ini”, pungkas Dandim.

Seorang Tokoh masyarakat Yapen Timur Fredik Samber saat itu menjelaskan, Di tahun 1994-2007 kondisi air laut di sekitaran PT. SWPI masih normal, tetapi di tahun 2007-2009 mulai berubah dan puncaknya sejak tahun 2011 hingga saat ini kami susah mencari ikan, harus keluar jauh dari bibir pantai dulu, masyarakat baru bisa mendapatkan ikan, ungkapnya.

Kami telah melapor ke Dinas Lingkungan Hidup dari tahun 2016 hingga saat ini, namun tidak ada jawaban dan ditahun ini kami telah mengambil sampel air untuk membuktikan bahwa air tersebut benar-benar tercemar limbah PT. SWPI. Pada 13 Februari 2020, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kep. Yapen turun ke Distrik Yapen Timur untuk mengecek kondisi limbah PT. SWPI, namun sampai saat ini juga kami belum mendapat jawaban yang memuaskan, lanjutnya.

“Karena itu, saat ini kami ingin menyampaikan permasalahan limbah PT. SWPI yang sangat merugikan masyarakat Yapen Timur ini kepada Bapak Yorrys (anggota DPD-RI), Dandim 1709/Yawa dan Kajari Serui untuk membantu penyelesaian permasalahan kami para warga Yapen Timur”, harapnya.

Yorrys TH Raweyai Anggota DPD-RI yang hadir saat itu pun turut menyampaikan, Saya ucapkan terima kasih kepada Dandim 1709/Yawa yang telah membantu masyarakat dan menyiapkan tempat untuk menampung segala aspirasi dan keluhan masyarakat dihari ini sehingga kita dapat bertatap muka ditempat ini. Setelah ini, saya akan meninjau langsung ke PT. SWPI untuk fokus melihat kondisi diperusahaan tersebut, untuk itu saya minta dokumen-dokumen dan bukti-bukti yang ada dari masyarakat mengenai pembuangan limbah tersebut, ujarnya.

Bapak Dandim 1709/Yawa dan juga Bapak Kajari Serui diharapkan dapat mengawal permasalahan ini dengan tuntas dan seadil-adilnya, karena segala permasalahan dan keluhan warga masyarakat merupakan permasalahan Pemerintah juga dan Aparat Pemerintahan pun harus segera mengatasi permasalahan ini. “Dan kepada seluruh warga Yapen Timur diharapkan untuk menahan diri dan tidak terprovokasi untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan dan dapat merugikan diri kita bersama”, harapnya.

Dihadapan masyarakat yang hadir Dandim 1709/Yawa kembali menambahkan, Kami bersama-sama Forkopimda Yapen akan selalu mengawal berjalannya proses permasalahan ini hingga tuntas, “Karena khususnya kami para Prajurit TNI juga terlahir dari masyarakat dan untuk itulah kami bekerja juga untuk keamanan, kenyamanan serta kesejahteraan masyarakat, karena berasal dari rakyat, mengabdi untuk rakyat dan bersama-sama dengan rakyat TNI akan semakin kuat”, tutup Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Mayor Arm Mustafa Lara, S.T Kasdim 1709/Yawa, Mayor Inf Luther Ayomi Danramil 1709-01/Yapsel, Kapten Inf Marselus Worabai Danramil 1709-02/Yaptim, Kapten Inf A. Ansanay Pasiterdim 1709/Yawa, Dany Rumaikawi Kasiintel Kejari Serui, Benon Waimuri Kepala Suku Berbai, Fredik Samber Tokoh masyarakat, Kostan Pondaya dan M. Ilham selaku perwakilan warga masyarakat Yapen Timur.

Kegiatan Tatap muka ini diakhiri dengan penyerahan dokumen, bukti-bukti dan hasil dokumentasi dari para Tokoh Masyarakat Yapen Timur yang diterima langsung oleh Yorrys TH Raweyai Anggota DPD-RI yang dilakukan dihalaman Makodim 1709/Yawa.(MPNI)

Sumber Kodim 1709/Yawa Korem 173/PVB. 

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151