PEMBEKALAN PERSONEL LANTAMAL X TENTANG SAR DAN PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN LAKA LAUT

PEMBEKALAN PERSONEL LANTAMAL X TENTANG SAR DAN PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN LAKA LAUT

www.mediapadjajaran.com - Lantamal X Jayapura - Personel Lantamal X mendapatkan pelajaran tentang Search and Rescue (SAR) aspek laut oleh Lettu Laut (P) Yudhi Dwi Saputra, S.Tr. Han yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Departemen Operasi (Kadep Ops) KAL Kalakay. Kegiatan ini dilaksanakan seluruh anggota Lantamal X selepas melaksanakan apel pagi di Lapangan Apel Mako Lantamal X. Kamis (12/03/2020).

Diawal penjelasannya Lettu Yudhi yang biasa dipanggil Kadep Ops oleh anggota Satrol Lantamal X ini memulai dengan definisi apa itu SAR yaitu kegiatan dan usaha mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah-musibah seperti pelayaran, penerbangan, dan bencana.

Selanjutnya oleh perwira lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2014 ini dijelaskan tentang organisasi SAR dan fungsinya. Setiap personel SAR harus memahami area operasi pencarian, mampu membaca peta dan mengoperasikan radar navigasi, menguasai mekanisme teknik pencarian korban dan mempunyai kecakapan dalam komunikasi serta bisa bekerja sama dengan unsur potensi SAR diluar Angkatan Laut.

"Dan yang tak kalah pentingnya adalah setiap anggota SAR harus punya pengetahuan tentang penanganan medis pertama terhadap korban, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.", jelas Lettu Yudhi didepan personel Lantamal X.

Sementara itu pemateri dari Rumkital dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X, Letda Laut (K) dr. Billy S. somalinggi dan Letda Laut (K) dr. M. Ivan Kurniawan memberikan pembekalan kepada personel tentang standar penangan medis korban kecelakaan laut atau perairan. Dimulai dari cara mengangkat korban yang masih hidup, bantuan pernafasan sampai korban dimasukan kedalam ambulance untuk di bawa ke Rumah Sakit.(MPNI)

0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151