Dandim 0818 Bersama Danrem 083/BDJ Pimpin Panen Raya Padi dan Jagung di Turen

 

Dandim 0818 Bersama Danrem 083/BDJ Pimpin Panen Raya Padi dan Jagung di Turen.

www.mediapadjajaran.com - Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, Dandim 0818/Malang-Batu Letkol Inf Yuda Sancoyo, M., Han., bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang dan Kota Batu melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi dan Jagung di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting dan warga Masyarakat, termasuk Kolonel Inf Setyo Wibowo, S.I.P., M., Sos., Komandan Korem 083/Baladhika Jaya (Danrem 083/BDJ). (09/2024)

 

Panen raya ini berlangsung di lahan binaaan Kodim 0818/Malang-Batu milik Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang terletak di Kelurahan Sedayu RT 12 RW 03, Kecamatan Turen. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan TNI AD terhadap program ketahanan pangan nasional. Pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan melalui peningkatan produksi serta cadangan pangan di berbagai daerah, termasuk Malang dan Batu.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Yuda Sancoyo menekankan pentingnya sinergi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan. "Ketahanan pangan merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung stabilitas negara. Dengan adanya kolaborasi yang baik antara berbagai pihak, kita dapat memastikan ketersediaan pangan yang cukup untuk masyarakat," ungkapnya.

 

Ia juga menambahkan bahwa panen raya ini adalah berkat Kerjasama TNI dan para petani serta Kadistan yang turut mendukung turun langsung kesehingga kedepannya lebih meningkat lagi hasil panennya. “Banyak lahan tidur yang belum kita kelola sehingga kedepannya tidak ada lagi lahan tidur dan terimakasih kepada para bapak ibu semuanya yang telah ikut aktif berperan dalam mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional.”

Sementara itu Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si. (Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Provinsi Jawa Timur) Mengapresiasi yang tinggi untuk Kodim 0818 yang berinisiatif tinggi untuk berkolaborasi dengan petani sehingga menghasilkan hasil panen yang sangat luar biasa.

 

Kolonel Inf Setyo Wibowo juga menyampaikan harapannya dengan kehadiran TNI,Polri dan Pemda untuk dimanfaatkan untuk Masyarakat. “Panen raya ini semuanya untuk mensejahterakan para petani, diharapkan kedepannya tidak ada lagi tanah yang tidak berfungsi. Dengan kolaborasi yang baik serta adanya  bantuan dari tehnogi yang modern  sehingga  hari ini kita bisa melaksanakan Panen Raya Padi dan Jagung.”

Danrem 083 juga mengapresiasi kepada Dandim 0818 dan seluruh pihak yang terlibat dalam panen raya ini. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam menghadapi tantangan pangan di masa depan, sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai negara agraris yang mandiri dalam hal produksi pangan.

Panen Raya Padi dan Jagung ini juga menunjukkan komitmen TNI dan Forkopimda dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya petani. Selain untuk meningkatkan produksi pangan, acara ini diharapkan dapat mendorong masyarakat, khususnya para petani, untuk lebih semangat dalam bercocok tanam dan berinovasi dalam sektor pertanian.

Dengan suksesnya kegiatan ini, diharapkan Program Ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu dapat berjalan dengan optimal, serta memberikan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat setempat.(Litbang MPNI)


0 Komentar:

MOTO

MEDIA PADJAJARAN NUSANTARA INDONESIA
SATUKAN BANGSA BERSAMA MEDIA, BANGSA YANG SATU BANGSA INDONESIA
Alamat : Jalan Pembangunan III No.16 Jakarta Pusat TLP. 0838 7549 4989 - 0815 1706 1151